RECLAIM the CITY

RECLAIM the CITY
20 DETIK SAJA SOBAT! Mohon dukungan waktu anda untuk mengunjungi page ini & menjempolinya. Dengan demikian anda tlh turut menyebarkan kampanye 1000 karya rupa selama setahun u. memajukan demokrasi, HAM, keadilan melalui page ini. Anda pun dpt men-tag, men-share, merekomendasikan page ini kepada kawan anda. salam pembebasan silah klik Galeri Rupa Lentera di Atas Bukit (kerja.pembebasan)

Kamis, 20 Maret 2008

Ideologi atau Pasca Ideologis; Kiri VS Kanan Sudah Usangkah?

Seri Ideologi dan Gerakan Lingkungan (Bagian 2)



“kami bukanlah sosialisme, bukan pula komunisme. Gerakan ini bukan di wilayah anti Kapitalisme dan neoliberalisme. Tetapi kami adalah Zapatismo. YA ZAPATISMO”.

Bahkan Marcos dalam akhir suratnya kepada pemberontak Basque ETA menyatakan N.B. Lainnya – Semestinya sudah jelas, tapi aku ingin nyeletuk : kuberaki semua garda depan revolusioner di planet ini. (Pernyataan ini bermula dari simpati EZLN kepada perjuangan kaum pemberontak Basque, yang berakhir perang kata emosional diantara keduanya. Terutama klaim ETA tentang kebenaran absolutnya sebagai Garda Depan Revolusioner di satu sisi dan kritik Marcos disisi lain atas korban masyarakat sipil dalam aksi ETA)

Partai2 Hijau Jerman atau di beberapa tempat-tempat lain juga menyatakan kecenderungan ‘ideologis’nya dengan pernyataan kami tidak berada di kiri dan tidak di kanan, tetapi kami berada di depan.

Dan Ipoel sahabat saya melontarkan gagasan “HIJAU PROGRESSIVE”.

Saya sejalan dengan Ipoel mendapat inspirasi dari kata dan perbuatan Subcomandante Marcos dan Zapatisme. Tetapi…..

“Kita telah meninggalkan daratan dan sudah menuju kapal! Kita sudah membakar jembatan di belakang kita – dan lagi, kita sudah menghanguskan daratan di belakang kita! Dan kini, hati-hatilah, kau kapal mungil! Samudera raya mengelilingimu: memang benar, dia tidak senantiasa mengaum, dan kadang-kadang dia tampak lembut bagaikan sutera, emas dan mimpi yang indah. Namun akan tiba waktunya, bila kau ingin tahu, bahwa dia itu tidak terbatas. Oh, burung yang malang yang merasa bebas dan kini menabrak dinding-dinding, sarangnya! Ya, bila kau merasa rindu akan daratanmu… yang seolah-olah menawarkan kebebasan lebih banyak –
dan tak ada ‘daratan lagi’.

selanjutnya

Tidak ada komentar: