RECLAIM the CITY

RECLAIM the CITY
20 DETIK SAJA SOBAT! Mohon dukungan waktu anda untuk mengunjungi page ini & menjempolinya. Dengan demikian anda tlh turut menyebarkan kampanye 1000 karya rupa selama setahun u. memajukan demokrasi, HAM, keadilan melalui page ini. Anda pun dpt men-tag, men-share, merekomendasikan page ini kepada kawan anda. salam pembebasan silah klik Galeri Rupa Lentera di Atas Bukit (kerja.pembebasan)

Kamis, 20 Maret 2008

Penemuan Ideologi adalah Kerja Kolektif

Seri Ideologi dan Gerakan Lingkungan (Bagian 3)


Jujur saja sampe saat saya pun belum yakin mampu menangkap dan memahami binatang apa ideologi itu, memahami nasrasi-narasi besar ideologi yang berkembang dalam sejarah, apalagi berpikir dan bertindak ‘ideologis’ secara utuh, mendalam dan menyeluruh. Baru dalam proses pembelajaran pemula – buktinya masih merasa perlu dan getol membaca marxisme untuk pemula, anti kapitalisme untuk pemula, atau materi pendidikan green student movement : Menjadi Environmentalis Itu Mudah, Perjuangan Hizbullah untuk pemula.

Barangkali masalahnya adalah banyak orang terjebak membayangkan rimba persilatan para pemikir besar dunia, filosof sepanjang abad, atau para teoritisi politik kakap. Sehingga ideologi itu dianggap sesuatu yang sangat berat, rumit, ketat dan melangit. Padahal ada sisi ideologi dalam tataran yang lebih populer, aplikatif , riang dan praktis, bukan semata-mata dalam kemewahan, keruwetan dunia teoritik dan akademik.

Michael Freeden seorang teoritikus politik yang disegani mengawali monograf terakhirnya tentang bagaimana para pakar membicarakan definisi ideology dengan semangat memberat.
“Selama lebih setengah abad ini, konsep ideology muncul sebagai salah satu ide politik yang paling rumit dan mengundang perdebatan. Ide ini mencolok dalam diskusi pada jenjang-jenjang yang tampaknya tidak saling bersinggungan, usaha untuk menyusun fenomena yang tak berkaitan dan mengakibatkan kerancuan di kalangan akademisi dan pengamat politik……….”

selanjutnya

1 komentar:

Anonim mengatakan...

mas andre, saya punya file power point yang bagus seputar "Memahami ekonomi", disitu dijelaskan tentang perbandingan tiga sistem ekonomi dari tiga ideologi besar dunia yaitu kapitalisme, sosialisme, dan Islam. barang kali aja abang tertarik, nanti saya kirim via email saya bang. ni email saya : wisnusudibjo@yahoo.com

wassalam